-->

10 Manfaat Buah Merah Untuk Mengobati Penyakit Berat

Banyak orang merasa penasaran dengan manfaat buah merah bagi kesehatan. Seperti apakah bentuk buah merah? Nutrisi apa yang ada di dalam buah merah, yang menyebabkannya menjadi populer sebagai obat alami bagi penyakit Aids dan penyakit berat lainnya? Kali ini kita akan bahas secara detail mengenai kandungan buah merah yang banyak ditemukan di Wamena, Papua.

10 Manfaat Buah Merah Untuk Mengobati Penyakit Berat
Buah merah dalam istilah ilmiah disebut dengan Pandanus Conoideus. Kemampuan untuk mengobati aneka macam penyakit berat disebabkan oleh nutrisi penting yang ada dalam buah ini, yaitu tokoferol dan betakaroten.

Sesuai dengan namanya, buah ini berwarna merah dan bentuknya lonjong. Minyak dan ekstrak buah merah sering digunakan sebagai obat tradisional untuk melawan aneka macam penyakit kronis.

Fakta nutrisi Buah Merah

Buah Merah diperkaya dengan beberapa antioksidan penting ibarat karoten, betakaroten, dan tokoferol. Buah ini juga menyediakan  aneka macam senyawa penting termasuk omega-3, omega-9, asam oleat, asam linolenat, asam linoleat, dan dekanoat.


10 Manfaat Buah Merah Untuk Mengobati Penyakit Berat


1. Melawan HIV Penyebab penyakit AIDS

Salah satu penyakit yang menyerang sistem kekebalan badan yaitu AIDS. Kombinasi dari tokoferol dan betakaroten dalam buah merah bisa melemahkan virus HIV, dengan memecah asam amino yang menjadi makanan bagi virus tersebut. Minyak buah merah juga memiliki kegunaan untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh, yang menjadi lemah akhir nanah virus HIV.

Buah Merah juga kaya akan protein yang diharapkan oleh penderita HIV. Untuk meningkatkan efektifitasnya sebagai obat alami, buah merah dapat dipadukan bersama pegagan dan sambiloto. Daun pegagan memiliki sifat antivirus, sedangkan sambiloto memiliki sifat antiradang dan antibiotik. Dosis harian yang dianjurkan yaitu 1 sdt minyak buah merah sebanyak 3 kali dalam sehari.

2. Melancarkan Sirkulasi Darah


Tokoferol dalam buah merah bisa mengencerkan dan melancarkan anutan darah, sehingga suplai oksigen dapat berjalan normal. Buah merah kaya akan betakaroten yang bisa mencegah  penumpukan flek dalam pembuluh darah, sehingga sirkulasi darah ke jantung dan otak tidak terhambat.

Tekanan darah tinggi terjadi pada seseorang dengan tensi darah di atas 140/90 mm Hg. Hipertensi sering memicu penyakit kardiovaskular ibarat stroke dan serangan jantung. Stroke disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah yang menuju ke otak, serta darah yang membeku dan tidak lancar. Baca: Daftar Makanan Yang Mampu Melancarkan Sirkulasi Darah.

3. Mengobati Hepatitis

Hepatitis yaitu gangguan pada fungsi hati yang umumnya diakibatkan oleh nanah virus. Hepatitis B dan C tanpa pengobatan yang tepat, dapat berubah menjadi sorosis (kanker hati). Ekstrak buah merah memiliki sifat antivirus dan antioksidan yang bisa menghambat pembentukan sorosis dan meningkatkan regenerasi sel hati.

4. Melawan Kanker dan Tumor

Kanker merupakan pertumbuhan sel aneh dengan cepat dan tidak terkendali, yang dapat dipicu oleh zat karsinogen, virus, radiasi, atau hormon. Kombinasi beta karoten dan tokoferol dalam ekstrak buah merah merupakan antioksidan berpengaruh yang bisa mendongkrak sistem kekebalan tubuh, dan menghambat zat karsinogen penyebab kanker. Baca: Cara Mencegah Kanker Yang Harus Anda Ketahui.

5. Mengontrol Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah dapat menjadikan pengapuran dan penyempitan pembuluh darah pada ginjal, jantung, dan otak. Ekstrak buah merah dapat meluruhkan kolesterol jahat dalam darah, dan meningkatkan kolesterol sehat.

6. Meningkatkan Kecerdasan

Buah merah memiliki asam lemak omega-3 dan omega-6 dalam jumlah tinggi. Kedua nutrisi ini diharapkan untuk meningkatkan kemampuan berfikir dan kecerdasan.


7. Menguatkan Tulang

Buah merah kaya akan kalsium sehingga menjaga kekuatan tulang. Dalam 100gr buah merah segar menyediakan 54.000 mg kalsium. Dengan mengkonsumsi minyak buah merah secara teratur, memiliki kegunaan untuk mencegah tulang keropos.

8. Mengontrol kadar gula darah

Gangguan pada kelenjar pankreas dapat menurunkan produksi insulin, sehingga peresapan gula darah menurun. Kondisi ini berakibat kadar gula dalam darah meningkat. Buah merah menyediakan tokoferol yang bisa memperbaiki fungsi pankreas.

9. Mengatasi Gangguan Mata

Gangguan mata ibarat rabun atau kebutaan sementara, dapat dicegah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin A. Buah merah memiliki pro vitamin A (betakaroten) yang berlimpah, yang akan diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh.

10. Menyembuhkan Herpes

Herpes biasanya ditandai dengan munculnya bintil-bintil basah pada kulit yang disertai rasa gatal. Hasil percobaan dengan mengoleskan minyak buah merah pada kulit yang terkena herpes menyampaikan efek yang baik. Dengan menerapkan minyak alami ini secara rutin, bisa mengobati herpes secara berangsur-angsur.

Demikian 10 manfaat buah merah untuk mengobati penyakit berat. Minyak ini dapat dikonsumsi untuk belum dewasa dengan takaran maksimal yaitu 1 sdt per hari. Pelajari juga: 11 Makanan Super Yang Menguatkan Imunitas Tubuh. Masih banyak materi alami di sekitar kita yang memiliki manfaat untuk kesehatan. Jadi, mari mencar ilmu hidup sehat dengan banyak mengkonsumsi makanan sehat.

foto via elisasjourneys.com, efratnakash.com

Berlangganan artikel terbaru via email (GRATIS):

0 Response to "10 Manfaat Buah Merah Untuk Mengobati Penyakit Berat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel