-->

Arti 7 Warna Lidah Bagi Kesehatan Anda

Pernahkah anda heran ketika dokter menyuruh untuk membuka verbal dan menjulurkan lidah? Dokter bersama-sama ingin mengetahui warna pengecap anda ketika sakit. Ternyata warna pengecap dapat menjadi indikator kondisi kesehatan.

Arti 7 Warna Lidah Bagi Kesehatan Anda
Lidah yaitu gabungan otot yang kaya akan pembuluh darah, sehingga ketika terjadi perubahan tekstur, kelembaban, dan warna padanya menyampaikan adanya duduk perkara kesehatan anda.

Jadi, pengecap merupakan salah satu pendeteksi adanya penyakit dalam tubuh. Bahkan, jauh hari sebelum adanya pengobatan modern, orang-orang Cina kuno telah mengetahui fakta kesehatan ini.

Lidah yang sehat umumnya berwarna merah muda atau pink. Hanya sedikit saja yang memiliki pengecap berpola geometris merah-putih. Dalam kondisi normal, pengecap yang memiliki banyak pembuluh darah dan selalu lembap oleh air liur, akan tetap bersih sehingga terhindar dari pertumbuhan basil berbahaya.


Arti 7 Warna Lidah Bagi Kesehatan Anda


Meskipun pada umumnya warna pengecap yaitu pink, adanya gangguan kesehatan dapat mengubah warnanya menjadi merah, ungu, kuning, hitam, coklat, atau putih. Berikut arti warna pengecap terhadap kondisi kesehatan tubuh.

1. Lidah berwarna Merah

Ketika suhu badan melonjak, maka papila akan membengkak sehingga pengecap terlihat berwarna merah. Perubahan warna ini mungkin juga disebabkan oleh demam berdarah, kekurangan folat, kekurangan vitamin B3 dan B12, atau tanggapan Sindrom Kawasaki. Untuk mengatasi gangguan ini, cukupi nutrisi harian yang diharapkan oleh tubuh. Baca juga: 12 Makanan Yang Mengandung Vitamin B12 Tertinggi.

Namun, perubahan warna pengecap yang disertai nyeri dan abses sehingga sulit untuk makan atau berbicara mungkin sebagai mengambarkan glossitis, yaitu peradangan tanggapan infeksi, dehidrasi, reaksi alergi, dan lainnya. Untuk memastikannya, periksakan ke dokter.

2. Lidah Berwarna Ungu


Mengkonsumsi makanan cuek dapat menyebabkan pengecap menjadi berwarna ungu. Namun, warna ungu pada pengecap juga dapat menyampaikan adanya bronkitis kronis maupun kadar kolesterol yang tinggi. Untuk mengatasi duduk perkara ini, perbanyak makan bawang putih dan jahe.

Lidah ungu juga menjadi indikasi terjadinya demam dan sirkulasi darah yang tidak lancar. Jika warna ungu merata pada lidah, maka menyampaikan organ badan episode dalam mengalami panas berlebih. Mungkin saja perubahan ini tanggapan penyakit liver. Simak juga: Ramuan Herbal Untuk Mengobati Penyakit Liver.

3. Lidah Berwarna Kuning

Warna kuning pada pengecap dapat menyampaikan adanya pembentukan ragi atau infeksi bakteri. Jika warnanya bercampur dengan hijau, maka infeksi basil telah parah. Secara umum, warna kuning pada pengecap merupakan indikasi panas badan yang berlebihan. Faktor penyebab yang paling umum yaitu nikotin, makanan pedas, atau dampak stres yang berlarut-larut.


4. Lidah Coklat

Salah satu tanda awal dari kanker kulit yang disebut melanoma yaitu perubahan warna pengecap menjadi kecoklatan. Jika warnanya semakin gelap, segera konsultasi dengan dokter.

5. Lidah berwarna Biru

Warna biru pada pengecap timbul sebagai tanggapan darah yang cuek atau fatwa sangat lambat. Ketika warna biru bercampur ungu, artinya kondisi buruk ini makin parah.

6. Lidah Hitam

Waspada ketika warna pengecap berkembang menjadi hitam. Perubahan warna ini mampu dipicu oleh gejala diabetes, penggunaan antibiotik, atau kesehatan verbal yang buruk. Kemungkinan paling ringan yaitu basil yang terjebak di lidah, sehingga mengakibatkan bercak hitam.

7. Bercak Putih Pada Lidah

Penyebab pengecap timbul bercak putih yaitu sariawan, dehidrasi, infeksi jamur oral, atau leukoplakia (sel-sel permukaan pengecap tumbuh secara berlebih). Perbanyak minum air dan jaga kebersihan verbal anda, untuk mengatasi duduk perkara ini.

Lidah berwarna putih juga sering menjadi mengambarkan gejala tipus, flu, gangguan pada jalan masuk cerna, atau anemia. Jika bercak putih tidak tebal, menyampaikan badan kekurangan darah.

Warna pucat dan timbul lapisan lemak, artinya badan mengalami kedinginan atau gejala flu. Hati-hati terhadap bercak putih yang tebal, mungkin kondisi ini tanggapan gangguan reproduksi.

Jika bercak putih tidak segera hilang selama 2 minggu, segera periksakan diri ke dokter. Bercak putih yang tidak hilang selama sebulan lebih dapat menyampaikan adanya kanker berbahaya. Pelajari: 6 Cara Cepat Menghilangkan Noda Putih Di Lidah.

Itulah arti 7 warna pengecap terhadap kondisi kesehatan. Pelajari dan kenali tanda-tanda ini semenjak dini, untuk mencegah banyak sekali duduk perkara kesehatan yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat untuk semua pembaca.

ilustrasi foto via sleeppro

Berlangganan artikel terbaru via email (GRATIS):

0 Response to "Arti 7 Warna Lidah Bagi Kesehatan Anda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel