-->

15 Manfaat Daun Pohpohan Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Kulit

Daun poh-pohan paling sering digunakan sebagai lalapan, terutama pada kuliner sunda. Rasanya yang khas dan aromanya yang harum, sangat cocok untuk menambah citarasa makanan. Namun, bukan itu saja manfaat daun pohpohan. Daun ini sangat kaya nutrisi sehingga berguna untuk mengatasi aneka macam keluhan kesehatan.

15 Manfaat Daun Pohpohan Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Kulit
Pohpohan memiliki nama latin Pilea melastomoides atau Pilea trinervia, tergolong ke dalam famili urticaceae.

Kandungan gizi daun pohpohan sangat lengkap, termasuk kalsium, protein, karbohidrat, vitamin A, zat besi, energi, vitamin C, zat fosfor, lemak, dan vitamin B1.

Bukan hanya orang Sunda yang harusnya mempelajari ihwal khasiat sayur poh-pohan, tapi semua orang sebaiknya mengetahuinya. Apa saja? Simak di bawah ini.


15 Manfaat Daun Pohpohan Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Kulit


Tidak hanya lezat sebagai lalapan, pilea trinervia ternyata berguna untuk menjaga kesehatan badan serta melawan aneka macam penyakit. Nah, inilah penyakit yang dapat diobati menggunakan daun pohpohan:

1. Sakit pinggang dan kram


Daun pohpohan yang dikonsumsi sebagai lalapan ataupun dimasak, bermanfaat untuk menjaga kesehatan otot termasuk pinggang. Dengan rutin mengkonsumsi daun ini, duduk perkara sakit pinggang dapat teratasi.

2. Nyeri otot tulang

Kalsium diperlukan untuk pergerakan otot jantung yang normal. Kekurangan mineral ini akan mengganggu keseimbangan dan koordinasi gerakan tubuh. Gerakan badan sangat dipengaruhi oleh stimulasi otot tulang,dimana stimulasi ini sangat membutuhkan asupan kalsium. Defisiensi kalsium akan mengakibatkan nyeri pada otot tulang. Nah, daun pohpohan kaya akan kalsium, sehingga dapat menghindarkan duduk perkara nyeri tulang bagi seseorang yang rutin mengkonsumsinya.

3. Nyeri haid dan pra menopause

Dengan rutin makan sayur pohpohan akan mengurangi nyeri menstruasi dan sebelum menopause.

4. Osteoporosis

Kalsium juga berperan dalam pembentukan tulang yang kuat, sebagai penyusun kerangka tubuh. Tiap 100 gram daun pohpohan mengandung 744 mg kalsium, jumlah yang lebih tinggi dibandingkan dengan kalsium pada bayam dan daun singkong.

Asupan kalsium yang memadai bisa mencegah pengapuran pada tulang yang sering disebut osteoporosis.

5. Tekanan darah tinggi

Mineral penting dalam sayur pohpohan ternyata berguna untuk menjaga tekanan darah tetap normal. Manfaat ini dapat diperoleh dengan mengkonsumsi daunnya secara teratur.

6. Penurunan imunitas

Defisiensi kalsium juga dapat berakibat turunnya kekebalan tubuh. Kondisi ini akan membuat badan lebih rentan terhadap serangan penyakit. Jadi, tidak salah bagi mereka yang menyukai lalapan berupa daun poh-pohan.

7. Kencing manis

Sayur pohpohan berguna untuk menormalkan kembali fungsi pankreas,sehingga baik dikonsumsi bagi penderita diabetes untuk menjaga kadar gula darah biar tidak melonjak.

8. Kepikunan dini

Pengiriman sinyal saraf memerlukan ion kalsium, biar berjalan dengan baik. Kekurangan asupan kalsium akan mengganggu sinyal saraf, serta dapat memicu penurunan memori. Nah, salah satu sumber kalsium yang baik yakni daun pohpohan.

9. Risiko kanker

Antioksidan dalam daun pohpohan efektif dalam menumpas radikal bebas, penyebab kanker. Antioksidan ini juga berguna untuk menetralisir racun dalam tubuh, serta mencegah peradangan. Senyawa flavonoida dalam pohpohan juga bersifat sebagai anti kanker. Benar-benar sayur yang menyehatkan tubuh, yang bisa mencegah kanker usus. Layak dipelajari: cara mencegah kanker yang harus anda ketahui

10. Gangguan jantung

Meskipun ukurannya kecil, tapi jantung punya peranan yang sangat penting bagi tubuh. Dengan adanya jantung, darah akan tersalurkan ke seluruh sel tubuh. Fungsi ini membutuhkan kontraksi otot jantung secara rutin. Nah, kalsium berperan dalam memperlihatkan energi bagi ekspansi jantung. Daun pohpohan mengantongi kalsium dalam jumlah yang cukup tinggi.


Manfaat Sayur Poh-pohan Untuk Kecantikan


11. Kulit kering dan kusam

Vitamin dan mineral dalam sayur pohpohan ternyata efektif untuk menjaga kelembaban kulit, sehingga terhindar dari kulit kusam dan retak-retak.


Manfaat Daun Pohpohan lainnya


12. Mengatasi wasir
13. Mencegah reumatik
14. Menjaga kesehatan akar gigi
15. Membantu mineralisasi gigi

Nah, demikian 15 manfaat daun poh-pohan untuk kesehatan dan kecantikan. Menarik untuk dipelajari: 6 manfaat daun ceguk atau wudani untuk kesehatan. Silahkan mencoba menyertakan lalapan ini dalam makanan anda. Selain sehat, tentu saja citarasa makanan pun akan meningkat.

Berlangganan artikel terbaru via email (GRATIS):

0 Response to "15 Manfaat Daun Pohpohan Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Kulit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel