-->

7 Manfaat Daun Awar-awar Untuk Mengobati Penyakit Berat dan Ringan

Awar-awar merupakan tanaman liar yang memiliki beberapa manfaat kesehatan, disebabkan adanya zat kimia di dalam daun, buah dan akarnya. Tanaman ini mungkin masih gila terdengar di pendengaran kita, namun manfaat daun awar-awar untuk pengobatan telah terbukti secara empiris.

7 Manfaat Daun Awar-awar Untuk Mengobati Penyakit Berat dan Ringan
Anda dapat menjumpai tanaman awar-awar di area pedesaan atau hutan terbuka. Namun, tidak menutup kemungkinan bagi anda untuk menanamnya di kebun dengan kelembaban tanah yang cukup. Banyak dari orang jawa meyakini bahwa daun awar-awar yang tumbuh subur di suatu tempat, menawarkan adanya sumber air yang sangat besar di bawahnya.

Ciri-ciri tanaman awar-awar

Pohon awar-awar secara umum menyerupai semak lainnya. Nama ilmiah untuk awar-awar ialah Ficus septicum/ Ficus septica. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik pada dataran tinggi maupun rendah, dengan tinggi pohon mencapai 1,5 meter.

Bunga awar-awar mekar setiap Desember dan Januari, yang dilindungi oleh daun berwarna hijau dan abu-abu. Buah awar-awar berukuran kecil dengan warna hijau. Ciri khas awar-awar ialah pohonnya yang bengkok, berongga, dan mengandung getah bening.

Kandungan daun awar-awar

Beberapa senyawa kimia yang terdapat di dalam daun awar-awar menyerupai kumarin, fenolik, pirimidin, tiloporin, saponin triterpenoid, senyawa alkaaloida, dll. Akarnya mengandung beta sitosterol dan stigmasterol.Batangnya mengandung tylocrebin dan fenantroindolisidin.


7 Manfaat Daun Awar-awar Untuk Mengobati Penyakit Berat dan Ringan


Anda dapat menggunakan daun atau akar awar-awar untuk mengatasi beberapa persoalan kesehatan. Berikut ini ialah manfaat daun awar-awar untuk mengobati penyakit ringan hingga berat:

1. Membantu untuk mengobati radang usus buntu

Peradangan pada usus buntu dapat dikurangi dengan konsumsi air rebusan daun awar-awar. Minum airnya dengan teratur setiap hari, untuk meringankan gangguan kesehatan ini.

2. Mengobati rematik, herpes, dan sakit kepala


Tumbuk daun awar-awar hingga menghasilkan pasta. Oleskan pasta ini pada lipatan kulit yang terserang herpes, atau pada adegan badan yang nyeri karena rematik. Untuk mengobati sakit kepala, oleskan pasta awar-awar pada adegan samping dari kepala anda.

3. Mengatasi sembelit

Manfaat daun awar-awar memang luar biasa. Tanaman ini dapat digunakan sebagai obat pencahar untuk mengobati sembelit. Tentunya, tidak ada efek samping dari penggunaan materi alami ini.

4. Mengobati bisul dan kulit gatal

Kedua penyakit kulit ini tentu sangat mengganggu rutinitas anda. Nah, atasi persoalan ini dengan daun awar-awar. Caranya, ambil 5 gram daun awar-awar segar. Panaskan dengan api kecil hingga daun menjadi layu, kemudian tumbuk hingga lumat. Terapkan pada bisul atau kulit yang terasa gatal di pagi dan malam hari. Lakukan cara ini dengan rutin hingga sembuh.

5. Menghilangkan mual

Untuk mengobati mual, anda dapat menggunakan cara alami. Mudah saja, rebus akar dan daun awar-awar bersama air secukupnya hingga mendidih selama beberapa saat. Saring, minum airnya selagi hangat.

6. Menangkal racun tanggapan gigitan ular

Daun awar-awar ialah materi alami yang sering digunakan sebagai obat tradisional, yang bisa melawan racun dari gigitan ular tertentu. Caranya, tumbuk daunnya hingga lembut dan balurkan pada adegan badan yang digigit oleh ular beracun. Langkah ini ialah santunan awal. Untuk perawatan intensif, segera kunjungi dokter atau rumah sakit terdekat.

7. Meredakan bengkak

Di luar dugaan, ternyata getah pohon awar-awar efektif untuk mengobati pembengkakan. Oleskan getahnya pada adegan badan yang bengkak, biarkan kering dengan sendirinya. Lakukan cara ini dengan rutin hingga sembuh.

Nah, itulah 7 manfaat daun awar-awar untuk mengobati penyakit berat dan ringan. Seringkali pohon awar-awar dihinggapi oleh ulat. Jadi, tanam pohonnya agak jauh dari rumah anda. Simak juga: Manfaat daun binahong untuk mengobati penyakit berat! Pastinya, kini anda lebih sehat dengan tanaman ini.

Berlangganan artikel terbaru via email (GRATIS):

0 Response to "7 Manfaat Daun Awar-awar Untuk Mengobati Penyakit Berat dan Ringan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel