-->

15 Makanan Pembersih Racun Dalam Hati

Hati merupakan salah satu organ penting dalam badan kita. Hati harus bebas dari banyak sekali racun yang dapat berasal dari polusi atau materi kimia. Beberapa jenis makanan yang kaya akan glutathione, bisa untuk membersihkan hati dari toksin berbahaya. Apa saja makanan yang mengandung antioksidan jenis ini?

15 Makanan Pembersih Racun Dalam Hati
Fungsi hati di dalam badan kita termasuk membuang racun dari tubuh, melawan infeksi, menyimpan zat besi dan vitamin, menghasilkan getah empedu, mem-proses makanan, mengatur kadar lemak, dll. Begitu penting fungsi hati bagi badan kita. Namun, polutan yang bersifat racun, dapat masuk ke dalam badan dari luar. Racun ini akan berpotensi untuk menumpuk dalam hati, sehingga berbahaya bagi kesehatan kita.

15 Makanan Pembersih Racun Dalam Hati


Ada jenis antioksidan yang efektif untuk menetralkan dan membuang racun dalam hati, yang disebut dengan glutathion. Antioksidan penting ini dapat diperoleh dari makanan dan kuman tertentu. Glutathion ialah jenis protein yang bisa mencegah kerusakan tanggapan oksigen reaktif, termasuk peroksida dan radikal bebas. Berikut ini ialah makanan dan minuman yang efektif untuk membersihkan hati dan menjaga fungsinya:

1. Buah Berry

Buah berry kaya akan fitonutrien yang baik untuk kesehatan hati.

Anda dapat menambahkan stroberi, blueberry, cranberry atau raspberry dalam yogurt atau sereal.

1. Teh Hijau

Teh hijau kaya akan catechin, yaitu jenis antioksidan yang bisa menunjang fungsi hati. Selain bisa membersihkan hati, antioksidan dalam teh hijau juga bermanfaat untuk mencegah kanker.

2. Wortel


Glutathione banyak terdapat di dalam wortel. Antioksidan ini berperan untuk detoksifikasi hati. Vitamin A dan K yang ada dalam wortel juga turut membantu untuk membersihkan hati.

3. Brokoli

Brokoli memiliki unsur isotiosianat yang efektif dalam mengobati sirosis hati. Brokoli juga mengandung yodium, yang diharapkan untuk menjaga kesehatan kelenjar getah bening. Kelenjar ini berperan dalam menjaga sistem kekebalan tubuh.

4. Kubis

Kubis tidak jauh berbeda dari brokoli. Kubis membantu untuk mengaktifkan dua jenis enzim pembersih racun dalam hati.

5. Alpukat

Sebuah penelitian yang diadakan di Jepang, menyampaikan bahwa alpukat berpotensi untuk mencegah radang hati dan mengurangi risiko keracunan hati.

6. Bawang Putih

Bawang putih ternyata juga memiliki kegunaan untuk melindungi hati, membersihkan darah, dan segudang manfaat lain bagi kesehatan tubuh.

7. Kunyit

Rempah ini kaya akan kurkumin yang memiliki sifat antioksidan. Kurkumin memiliki kegunaan untuk mengurangi peradangan pada hati.

8. Minyak Zaitun dan Rami

Kedua minyak organik ini juga termasuk minuman pembersih hati. Minyak zaitun menyediakan basis lipid yang bisa menyerap racun berbahaya dari tubuh. Efek inilah yang meringankan kerja hati sehingga dapat mengurangi racun dalam hati.

9. Bayam

Bayam mengandung betaine yang baik untuk menjaga jantung. Tidak hanya itu, seporsi bayam mentah ternyata mengandung 166 miligram glutathione. Jadi, bayam ialah makanan pembersih hati dan jantung.


10. Buah Bit

Fitonutrien dalam buah bit yang disebut betanin baik untuk melindungi hati. Mengolah buah bit dengan cara yang kurang tepat, dapat merusak unsur aktif yang ada di dalamnya.

11. Buah Lemon

Jus lemon ialah minuman yang bisa membersihkan hati dan kanal cerna dari toksin berbahaya.

12. Buah Tomat

Seporsi tomat menyediakan 169 mg glutathione yang sangat membantu untuk membersihkan hati dari racun. Tomat juga kaya akan likopen, yaitu antioksidan yang dapat melawan efek buruk tanggapan radikal bebas.

13. Buah apel

Buah ini dikenal sebagai makanan untuk diet sehat, terkait pektin di dalamnya. Pektin merupakan serat larut yang dapat melancarkan pencernaan. Ternyata, pektin juga memiliki kemampuan untuk membuang racun dari hati.

14. Biji Kenari

Makanan pembersih hati berikutnya ialah kenari. Biji kenari dilengkapi dengan glutathione dan asam lemak omega-3. Kedua nutrisi ini baik untuk hati dan jantung.

Itulah 15 Makanan Pembersih Racun Dalam Hati. Semua makanan sehat ini harus dikonsumsi dalam jumlah wajar dan tidak berlebihan. Tambahkan makanan sehat ini ke dalam menu harian anda, biar hati tetap sehat. Pelajari juga: 15 Makanan Yang Mengandung Omega 3 Terbaik. Jangan malas untuk berolahraga, alasannya ialah gaya hidup sehat tidak dapat lepas darinya.

foto buah apel via foodlve.com
foto stroberi via bhssolutions.com

Berlangganan artikel terbaru via email (GRATIS):

0 Response to "15 Makanan Pembersih Racun Dalam Hati"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel