-->

12 Manfaat Biji Kemukus Sebagai Obat Tradisional

Tanaman kemukus memang kurang familiar di indera pendengaran kita. Tanaman merambat yang daunnya sekilas mirip dengan sirih ini, sering digunakan sebagai bumbu masakan. Disebabkan sifatnya yang hangat, tidak jauh berbeda dengan cengkih. Bukan sekedar sebagai rempah penguat makanan saja, tetapi kemukus kaya akan manfaat kesehatan terutama karena minyak atsiri yang melimpah di dalamnya. Nah, apa saja khasiat tumbuhan ini?

12 Manfaat Tanaman Kemukus Sebagai Obat Tradisional
Nama ilmiah dari kemukus ialah Piper cubeba masih tergolong keluarga piperaceae, dalam bahasa inggris disebut cubeb pepper, tailed pepper, atau java pepper. Nama lain dari kemukus mirip lada jawa, temukus, kamokos, kemekuh, rinu, dan pamukusu. Tanaman ini semenjak lama dijual sebagai rempah-rempah oleh orang timur tengah ke Eropa.

Buah kemukus berukuran kecil berwarna hijau agak kemerahan dengan bentuk ibarat ekor. Bentuk buah ini mirip dengan merica (lada) tapi punya ekor, jadi banyak orang menyebutnya merica buntut.

Kandungan Tanaman Kemukus

Selain minyak atsiri yang berlimpah di dalamnya, tanaman kemukus juga mengandung sineol, zat sesquiterpan hidrat, cubebin, asam cubeba, minyak terbang, turpineol, kadinen, pati, damar-damaran, gom, dan minyak tetap. Bunga dan buah kemukus juga mengandung flavonoida dan saponin.


12 Manfaat Biji Kemukus Sebagai Obat Tradisional


Berbagai zat kimia dalam tanaman kemukus membuatnya berguna untuk mengobati beberapa jenis penyakit. Nah, inilah penyakit yang dapat diobati menggunakan episode tanaman kemukus.

1. Influenza pada bayi


Biji tumbuhan ini efektif sebagai obat pilek bagi bayi. Tumbuk seiiris kencur dan 9 biji kemukus hingga lumat, campur dengan sedikit air. Balurkan pasta ini pada badan bayi.

2. Letih dan lelah

Untuk meningkatkan energi tubuh, sediakan beberapa materi alami. Ambil 5 biji cengkih, 5 biji kemukus, 1 jari batang serai, 4 lembar daun jeruk nipis, ½ jari rimpang jahe, secuil kayu manis, ½ episode buah pala, dan sedikit gula aren. Iris-iris semua bahan, kemudian rebus bersama 5 gelas air. Tunggu hingga airnya berkurang 2 gelas. Saring dan minum dikala air masih hangat, 3 kali dalam sehari.

3. Asma dan sesak nafas

Penderita asma dapat ditolong dengan materi alami ini. Seduh 15 gram debu biji kemukus, bersama satu gelas air panas. Saring dan tambahkan 1 sdm madu murni, aduk. Minum dengan segera, untuk meredakan sesak nafas.

4. Keputihan

Anda dapat meracik obat tradisional untuk mengatasi keputihan dengan cepat. Siapkan bahan-bahan yang diharapkan mirip 12 biji kemukus, 2 rimpang kunci kuning, 5 biji cengkih, 2 potong kayu mesoyi berukuran 2,5 x 2 cm, dan 2 potong kayu bunga lawang. Jemur semua materi hingga kering, tumbuk hingga lembut. Obat ini untuk 3 kali pemakaian.

Sebelum dikonsumsi, buatlah campuran dari materi lain. Tumbuk dan peras 2 buah jeruk nipis dan 3 tanaman tapak gajah. Campur debu pertama dengan racikan kedua ini, bersama segelas air hangat. Selama pengobatan, penderita dianjurkan untuk istirahat selama 3 hari.


Manfaat buah kemukus lainnya


5. Menghilangkan wangi mulut.
6. Mengatasi demam dan meriang.
7. Sebagai antiseptik yang mempu mengatasi peradangan, serta melawan basil penyebab nanah akses kemih.
8. Meredakan sakit kepala
9. Sebagai ekspektoran yang dapat meredakan bronkitis kronis.
10. Sebagai obat sakit tenggorokan.
11. Mencegah pikun.
12. Mengatasi sembelit.

Perhatian

Gunakan tanaman kemukus sesuai takaran wajar. Konsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan keracunan, iritasi pada ginjal, akses kemih, dan usus. Sering juga menyebabkan mual dan diare.

Nah, itulah 12 manfaat kumukus sebagai obat tradisional dan cara membuat ramuan dengannya. Kini, anda makin sehat dengan tanaman kemukus. Menarik: Manfaat takokak untuk mengobati mata minus

Berlangganan artikel terbaru via email (GRATIS):

0 Response to "12 Manfaat Biji Kemukus Sebagai Obat Tradisional"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel