-->

11 Manfaat Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan dan Kecantikan Wajah

Belimbing wuluh merupakan tanaman yang sarat akan manfaat kesehatan. Bagi ibu-ibu yang hobi memasak, tentu sangat dekat dengan buahnya. Rasanya yang sangat masam tentu membuat wajah anda mengernyit, ketika merasakan belimbing wuluh mentah ataupun matang. Buah yang sering dinikmati bersama rujak ini, ternyata berguna untuk mengobati penyakit ringan dan berat.

11 Manfaat Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan dan Kecantikan Wajah
Belimbing wuluh dalam bahasa ilmiah disebut averrhoa bilimbi, tumbuh subur di tempat tropis. Tanaman ini tergolong ke dalam keluarga oxalidaceae. Nama lainnya ibarat calincing, bainang, malimbi, dll.

Kandungan gizi dalam buahnya termasuk vitamin C, betakaroten, vitamin B1, kalium sitrat, zat besi, glukosida, saponin, asam format, tannin, sulfur, potassium, kalsium oksalat, dan peroksida. Belimbing wuluh memiliki efek farmakologis sebagai ekspektoran dan antipiretik.

Bukan hanya buahnya saja yang berguna untuk pengobatan terhadap beberapa jenis penyakit, tapi daun dan bunganya juga berguna untuk mengatasi banyak sekali gangguan kesehatan. Bahkan, wajah anda semakin indah dengan masker belimbing wuluh. Nah, bagaimana caranya? Simak yuk, artikel lengkap di bawah ini.


11 Manfaat Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan dan Kecantikan Wajah


Khasiat belimbing wuluh berasal dari banyak sekali vitamin dan mineral penting yang terdapat di dalamnya. Berikut ini yakni beberapa penyakit yang dapat diobati menggunakan belimbing wuluh:

1. Sesak nafas akhir asma

Salah satu penyebab sesak nafas yakni penyakit asma. Cara alami untuk mengatasi asma, salah satunya menggunakan bunga limbi. Seduh bunganya bersama air panas, tambahkan sedikit gula batu. Minum airnya 2 kali dalam sehari, hingga gejala asma hilang. Lebih lanjut: 10 cara obati Asma dengan materi alami dan Akupuntur.

2. Rematik


Daun averrhoa bilimbi ternyata efektif sebagai obat rematik. Tumbuk segenggam daunnya hingga halus, campur dengan kapur sirih, 20 biji merica, 15 biji cengkih, dan sedikit cuka. Semua materi agresif harus ditumbuk sebelumnya. Oleskan campuran ini pada sendi badan yang nyeri.

3. Gigi berlubang

Buah malimbi juga berguna untuk mengobati sakit gigi. Ambil buahnya yang masih segar, kunyah bersama garam untuk meredakan sakit karena gigi berlubang.

4. Batuk dan flu

Kalium yang berlimpah dalam belimbing wuluh ternyata dapat berperan sebagai ekspektoran yang bisa mengencerkan dahak. Untuk mengakhiri batuk, cukup dengan mengkonsumsi buah ini setiap hari hingga sembuh.

5. Diabetes

Asam format dalam buah belimbing wuluh efektif untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Manfaat ini dikuatkan dengan adanya mineral penting di dalam tanaman ini. Dengan minum jus buah ini akan membantu untuk mencegah naiknya kadar gula darah.

6. Hipertensi

Tekanan darah tinggi selain disebabkan oleh faktor keturunan, juga dapat dipicu oleh referensi makan yang tidak sehat. Untuk menurunkan tekanan darah tinggi, iris-iris buah limbi kemudian rebus dalam 1 liter air. Setelah airnya tertinggal segelas, biarkan dingin. Minum dengan rutin, setiap pagi hari.

7. Gondongan atau beguk (parotitis)

Pembengkakan pada kelenjar gondok dapat diobati menggunakan daun calincing. Tumbuk segenggam daunnya bersama 3 siung bawang putih, hingga terbentuk pasta. Terapkan pasta ini pada leher anda, sebagai obat luar.


Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kecantikan


8. Mengecilkan pori-pori

Salah satu tanda penuaan dini yakni pori-pori kulit membesar. Atasi dengan cara tradisional. Haluskan 5 buah malimbi, campur dengan air garam. Aplikasikan pada wajah anda selama 10 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

9. Mengatasi jerawat

Buah belimbing wuluh mengandung zinc dan sifat anti bacterial, yang bisa mengobati jerawat. Caranya, giling buahnya bersama ½ sdt debu belerang. Campur dengan air jeruk nipis, terapkan pada wajah anda selama 15 menit. Cuci wajah anda dengan air bersih, setelah perawatan. Cara ini juga bekerja untuk mengurangi kadar minyak di wajah.

10. Menghilangkan komedo

Masker belimbing wuluh juga berguna untuk mengurangi komedo yang muncul di sekitar hidung anda. Kini, ucapkan selamat tinggal kepada komode hitam dan putih.

11. Menghilangkan panu

Penyakit kulit ini disebabkan oleh infeksi jamur. Belimbing wuluh memiliki sifat anti jamur, yang efektif dalam mengobati panu. Caranya, giling 10 buah limbi kemudian campur dengan secuil kapur sirih. Haluskan kedua bahan, gosokkan pada panu di kulit. Lakukan perawatan ini di pagi dan malam hari.

Nah, itulah 11 manfaat belimbing wuluh bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Kini, makin banyak koleksi tanaman obat di pekarangan rumah anda.

Berlangganan artikel terbaru via email (GRATIS):

0 Response to "11 Manfaat Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan dan Kecantikan Wajah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel