-->

11 Manfaat Rumput Laut Bagi Kecantikan Dan Kesehatan

Rumput laut dapat tumbuh di lautan atau sekitar pantai. Manfaat rumput laut untuk kecantikan tidak kalah dari materi alami lainnya. Mulai dari jerawat sampai penyakit berat ibarat kanker, dapat dilawan oleh antioksidan dalam makanan sehat ini. Apa saja kandungan rumput laut yang membuatnya menjadi makanan super? Simak yuk..


11 Manfaat Rumput Laut Bagi Kecantikan Dan Kesehatan
Rumput laut ada yang berbentuk pipih, ada juga yang bercabang. Tanaman ini tergolong ke dalam famili ganggang (Algae). Orang Jepang sering menyantap rumput laut bersama salad ataupun sushi.

Dengan aneka macam vitamin dan mineral penting yang terdapat di dalamnya, rumput laut memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit.


8 Manfaat Rumput Laut Bagi Kecantikan Kulit


Pola hidup sehat harus memperhatikan asupan yang kaya nutrisi dan seimbang. Inilah alasan berpengaruh untuk menambahkan rumput laut ke dalam menu harian Anda:

1. Mengencangkan Kulit Wajah

Masker rumput laut sangat efektif untuk meningkatkan elastisitas kulit dan menunda tanda-tanda penuaan. Manfaat ini terkait dengan adanya antioksidan dan semacam fenol yang baik untuk kecantikan kulit Anda.

2. Scrub Alami bagi Kulit


Pembersih alami ataupun lulur berbahan rumput laut bisa menyerap kotoran dan cairan berlebih dari kulit Anda. Sehingga bermanfaat untuk regenerasi sel kulit mati.

3. Mengobati Jerawat

Rumput laut mengandung sifat anti-inflamasi yang bisa meredakan peradangan pada kulit, dan menekan pembengkakan pada jerawat. Dalam jurnal Clinical and Experemintal Dermathology dinyatakan bahwa manfaat rumput laut termasuk mengatasi flek hitam pada wajah, dan mencegah pertumbuhan jerawat.

Rumput laut coklat (Laminaria Digita) bisa untuk membunuh basil penyebab jerawat, hanya dalam 15 menit setelah dioleskan pada wajah yang berjerawat. Baca: 5 Cara Cepat Menghilangkan Jerawat Secara Alami.

4. Meremajakan kulit

Rumput laut banyak mengandung yodium yang berperan dalam meningkatkan fungsi tiroid, yang pada hasilnya meningkatkan metabolisme dalam darah. Sirkulasi dan metabolisme darah yang lancar diharapkan untuk peremajaan kulit.

5. Menyamarkan Selulit

Rumput laut diperkaya dengan vitamin dan mineral yang dapat menghilangkan parut akhir selulit. Rumput laut banyak dikemas sebagai pelembab alami yang memiliki kegunaan untuk mengatasi selulit dan tanda parut.

6. Mengeluarkan Toksin di dalam kulit

Manfaat rumput laut lainya yakni detoksifikasi bagi kulit. Kulit kita dapat menyerap 40% ekstrak rumput laut hanya dalam waktu 30 detik. Mineral dan vitamin dalam rumput laut menetap di badan selama 3 hari selama proses detoksifikasi.

7. Menyehatkan Rambut

Rumput laut dapat menjaga folikel rambut supaya tetap sehat. Sejumlah mineral di dalamnya berguna untuk melancarkan sirkulasi darah, menguatkan rambut, dan menambah kilau pada rambut.

8. Memutihkan wajah

Rumput laut dapat digunakan sebagai pemutih wajah. Sediakan rumput laut tawar, yang tidak asin. Haluskan beberapa batang rumput laut ke dalam juicer,  tambahkan sedikit air. Setelah wajah dicuci dengan air hangat, terapkan jus rumput laut sebagai masker wajah. Biarkan jus ini melekat pada wajah selama 30 menit, supaya nutrisi dalam rumput laut dapat diserap oleh kulit kita. Lakukan perawatan kulit ini dengan rutin setiap hari. Baca: Rahasia Kecantikan Wajah Yang Dimiliki Oleh Wanita Jepang.


4 Manfaat Rumput Laut bagi Kesehatan


9. Mencegah Kanker

Rumput laut coklat kaya akan mineral ibarat kalsium, kalium, dan zat besi. Makanan ini juga mengandung karoten yang berlimpah, vitamin B kompleks, vitamin C, E dan K. Nutrisi lainnya yakni fucoidan, yang memiliki sifat anti-kanker. Fucoidan merupakan fitokimia anti-tumor yang bisa menghambat perkembangan sel kanker dan tumor.

10. Mencegah Anemia

Berbagai mineral yang ada di dalam rumput laut, terutama zat besi membantu untuk meningkatkan jumlah sel darah merah dan meningkatkan fungsinya. Hanya dengan makan 200gr rumput laut segar per hari, maka dapat mencegah penyakit anemia.

11. Mencegah Tulang Keropos

Kalsium dalam rumput laut lebih tinggi dari susu. Seperti yang diketahui, kalsium sangat diharapkan untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang. Makan rumput laut dengan rutin dapat menurunkan risiko osteporosis.

Fakta Nutrisi

Rumput laut mengandung aneka macam mineral esensial ibarat zat besi, kalsium, nitrogen larut, mangan, sulfur, barium, aluminum, iodin, fosfor, kalium, dll. Vitamin yang terdapat di dalamnya termasuk vitamin B-12, A, K, C, D, dan E.

Nutrisi lainnya yakni asam lemak omega 3 dan fucoxanthin pigmen yang berguna untuk membantu metabolisme lemak menjadi energi. Rumput laut kaya akan serat alami yang disebut Alginat. Tumbuhan laut ini juga diperkaya dengan asam amino, asam nukleat, protein, gula, tepung, dan rendah kalori.

Itulah Manfaat Rumput Laut Bagi Kecantikan Dan Kesehatan. Rumput laut termasuk makanan sehat yang memiliki kontribusi besar di dunia kecantikan dan kesehatan. Jangan ragu untuk mengkonsumsi makanan ini sebagai agar-agar atau olahan lainnya.

foto via algaetrends.com

Berlangganan artikel terbaru via email (GRATIS):

0 Response to "11 Manfaat Rumput Laut Bagi Kecantikan Dan Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel