-->

10 Manfaat Kencur Untuk Pengobatan Rumahan

Kencur telah dikenal sebagai salah satu tanaman obat, yang sering dibuat sebagai jamu tradisional khususnya oleh masyarakat jawa. Kini, kencur tidak hanya digunakan sebagai penyedap kuliner saja. Rempah ini juga banyak digunakan sebagai materi kosmetika dan minuman sehat. Kencur memiliki sejumlah manfaat untuk mengobati beberapa gangguan kesehatan dan penyakit tertentu.

10 Manfaat Kencur Untuk Pengobatan Rumahan
Kencur (Kaempferia Galanga) ialah tanaman yang digolongkan ke dalam keluarga temu-temuan (Zingiberaceae). Ciri-ciri tanaman kencur: rimpangnya bergerombol dan bercabang, tidak memiliki batang, dan baunya khas. Tanaman herbal ini memiliki sedikit daun sekitar 1-3 lembar saja, bentuknya jorong dan berwarna hijau. Bunga kencur berwarna putih dan ada sedikit corak ungu di tengahnya.

Tanaman kencur dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah dan tinggi. Rempah ini akan tumbuh subur di tanah yang gembur dan tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Kandungan Kencur

Hasil penelitian menyampaikan bahwa rimpang kencur mengandung lebih dari 23 zat penting, di antaranya menyerupai borneol, ethyl aster, mineral, alkolid, asam cinnamic, asam metal kanil, paraeumarin, kamphane, gom, zat pati dan lainnya.


10 Manfaat Kencur Untuk Pengobatan Rumahan


Kencur mengandung methanol yang bisa melawan cacing parasit, penyebab penyakit toksokariasis. Sejumlah zat kimia yang terdapat dalam kencur efektif untuk memerangi basil penyebab bisul mata dan mikroorganisme penyebab gangguan sistem saraf pusat.

Kencur juga berkhasiat sebagai obat tradisional untuk mengatasi sakit tenggorokan, perut kembung, kelelahan, nafsu makan menurun, batuk, ekspektoran, dan disentri. Bumbu dapur ini ternyata juga dapat berkhasiat untuk mengobati radang lambung, nyeri haid, radang anak telinga, sakit kepala, influenza pada bayi, keseleo, masuk angin, dan banyak lagi.


Cara membuat ramuan tradisional menggunakan kencur


Untuk mengatasi banyak sekali persoalan kesehatan, berikut ini beberapa ramuan kencur yang dapat dibuat sendiri di rumah:

1. Mengobati influenza

Cuaca cuek di isu terkini hujan rentan dengan penyakit flu. Untuk mengatasi gangguan ini, anda sebaiknya mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan kekebalan badan serta berolahraga secara teratur. Untuk mengobati flu secara alami, buatlah ramuan kencur. Caranya, ambil 2 lembar daun kemukus dan rimpang kencur. Tumbuk kedua bahan, campur dengan air hangat secukupnya. Oleskan pada area sekitar hidung untuk melonggarkan nafas. Baca juga: 13 Cara mengobati flu dan pilek secara alami.

2. Meredakan batuk


Untuk menghentikan batuk bandel, basuh rimpang kencur kemudian parut dan peras untuk menerima sarinya. Tambahkan madu, aduk merata. Minum ramuan ini 3 kali sehari, hingga sembuh.

3. Menyembuhkan masuk angin

Ketika seseorang menderita masuk angin, tubuhnya akan mengalami kenaikan suhu dan demam. Untuk mengatasi persoalan kesehatan ini, tumbuk rimpang kencur dan tambahkan sedikit garam dapur. Seduh keduanya ke dalam segelas air hangat, minum dengan segera.

4. Mengatasi keseleo

Kencur juga berkhasiat sebagai obat keseleo yang alami. Caranya, rendam beras putih dan rimpang kencur ke dalam air selama beberapa menit. Tumbuk keduanya, campur dengan sedikit air. Tambahkan minyak kayu putih dan gosokkan pada otot yang mengalami keseleo.

5. Membersihkan darah kotor

Untuk meluruhkan residu dan racun dalam darah, gunakan ramuan kencur. Caranya, ambil 2 biji cengkih kering, 2 lembar daun trengguli, adas, dan 4 rimpang kencur. Cuci, kemudian rebus semua materi bersama seliter air hingga mendidih selama beberapa saat. Saring, minum airnya dengan teratur di pagi dan malam hari.

6. Mengobati mulas

Perut mulas tentu sangat mengganggu rutinitas anda. Untuk meredakan mulas, parut rimpang kencur, setelah dicuci dengan air bersih. Campur dengan sedikit garam dan 2 sdm air masak. Peras dan saring untuk memperoleh airnya. Minum airnya 3 kali dalam sehari.

7. Mengobati radang lambung

Cuci kencur dengan air bersih yang mengalir, kemudian kupas kulitnya. Kunyah dan telan airnya saja, kemudian minum air putih. Ulangi pengobatan ini setiap hari hingga penyakit sembuh.

8. Mengobati diare

Pergi ke toilet berkali-kali dalam sehari, tentu sangat menyiksa. Untuk mengatasi diare, ambil 2 siung bawang merah dan 2 rimpang kencur. Tumbuk materi tersebut, bungkus dengan daun pisang. Panaskan dengan api kecil di atas wajan tanah selama beberapa saat. Gunakan ramuan ini sebagai balsam, terapkan pada perut anda.

9. Meredakan sakit kepala

Rasa nyeri dan sakit di kepala tentu mengganggu acara sehari-hari. Untuk mengobati sakit kepala, tumbuk 3 lembar daun kencur hingga lumat, kemudian kompres pada dahi anda.

10. Mengobati kerikil ginjal

Kencur juga dapat digunakan untuk mengatasi kerikil ginjal secara alami. Caranya, ambil 2 rimpang kencur. Cuci kemudian parut, masukkan ke dalam segelas air hangat. Aduk dengan sendok hingga merata, saring dan tambahkan garam dapur pada airnya. Minum ramuan ini setiap hari dengan rutin hingga kerikil ginjal keluar.

Nah, itulah 10 manfaat kencur untuk pengobatan rumahan. Simak juga: 12 Manfaat temulawak untuk kesehatan dan kecantikan. Tidak sulit untuk menanam tumbuhan terna ini di pekarangan rumah anda. Jadi, ketika anda menderita penyakit ringan tidak sulit untuk mencari obatnya.

Berlangganan artikel terbaru via email (GRATIS):

0 Response to "10 Manfaat Kencur Untuk Pengobatan Rumahan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel