-->

13 Manfaat Omega 3 Dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan

Banyak orang belum mengenal omega 3 dan manfaatnya bagi kesehatan. Baiklah kita mulai, Omega 3 yaitu asam lemak tak jenuh yang diharapkan oleh tubuh, dan hanya dapat diperoleh dari sumber makanan alami.

13 Manfaat Omega 3 Dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan
Sumber omega 3 dapat ditemukan pada ikan tuna, makarel, salmon, walnut, tengiri, sarden, minyak kanola, kacang kenari, bayam, alpukat, dan lain-lain.

Kebutuhan omega 3 harian menurut The Institute of Medicine yaitu sekitar 1,1 gram untuk wanita berilmu balig cukup akal dan 1,6 gram untuk pria dewasa. Nah, dosis ini telah memadai untuk kebutuhan harian yang seharusnya dipenuhi.


13 Manfaat Omega 3 Dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan


Seberapa besar tugas omega 3 bagi badan kita? Apa saja manfaat dan efek samping yang ditimbulkan jikalau dikonsumsi secara berlebih? Berikut manfaat omega 3 bagi otak dan kesehatan badan secara menyeluruh.

1. Menyehatkan otak

Bagi anda yang kurang konsentrasi dan mudah lupa, sebaiknya penuhi kebutuhan omega 3 setiap hari. Dengan asupan omega-3 yang memadai akan menjaga sistem neurologis di dalam otak.

2. Menurunkan risiko hipertensi dan penyakit jantung

Penelitian mengungkapkan bahwa arterial akan semakin elastis dengan asupan omega-3. Pembuluh darah yang mengembang akan mencegah risiko penyakit darah tinggi, serangan jantung, dan detak jantung yang tidak normal (aritmia).


3. Menyehatkan Mata

Selain vitamin A, omega-3 merupakan episode penting dari kesehatan mata dan penglihatan. Asam lemak ini yaitu komponen dasar yang diharapkan oleh retina.

4. Mengontrol kadar kolesterol

Sebuah penelitian ilmiah menawarkan bahwa omega-3 yang terdapat dalam ikan bermanfaat untuk meningkatkan kadar kolesterol baik, serta mengurangi kadar trigliserida (lemak) dan kolesterol buruk dalam darah.

5. Menurunkan Depresi

Omega-3 sangat bermanfaat bagi penderita depresi ringan. Omega 3 bisa menenangkan otak, berbeda dengan cara kerja antidepresan. Fakta kesehatan ini dibahas oleh David Mischoulon, MD, salah satu psikiatri dari Harvard Medical School.

6. Mencegah risiko koagulasi darah

Asam lemak ini memiliki sifat anti-koagulan yang menjaga fungsi trombosit untuk pembekuan darah. Adanya kemampuan ini menyebabkan sirkulasi darah menjadi lancar, dan mencegah pembuluh darah tersumbat yang pada kesannya berakibat stroke.

7. Mencegah nyeri haid

EPA dan DHA dari jenis omega-3 dipercaya bisa untuk menurunkan kadar prostaglandin. Asam lemak sejenis hormon ini dapat menjadikan kontraksi rahim meningkat dan kejang otot pada wanita yang mengalami menstruasi, jikalau kadarnya berlebih.

8. Baik untuk wanita hamil

Omega 3 sangat diharapkan sebagai nutrisi bagi ibu hamil, dan kesehatan mental pada janinnya.

Manfaat Omega 3 lainnya antara lain:

  • Sifat anti-inflamasi di dalamnya bermanfaat untuk meredakan gejala asma, radang sendi, dan psoriasis eksim.
  • Meningkatkan kemampuan baca pada anak, termasuk disleksia.
  • Membantu untuk meningkatkan fertilitas.
  • Mencegah penyakit Alzheimer.
  • Membantu dalam peresapan vitamin yang larut dalam lemak.

Efek samping dari konsumsi omega 3 secara berlebih


Diare

Dosis berlebih dari pelengkap minyak ikan dapat berakibat diare atau perut kembung, disebabkan oleh peningkatan produksi gas dalam lambung. Baca: 7 Cara Mengobati Diare Dengan Cepat.

Kenaikan kadar gula darah

Bagi penderita diabetes harus minta petunjuk dari dokter, sebelum mengkonsumsi makanan atau pelengkap yang banyak mengandung omega 3.

Pendarahan dan Memar

Bagi seseorang yang bermasalah dengan pembekuan darah, sebaiknya tidak mengkonsumsi omega-3 sebelum konsultasi dengan dokter. Ini juga berlaku untuk omega 3 yang dikonsumsi bersamaan obat pengencer darah. Risiko yang sering terjadi yaitu pendarahan dan memar.

Demikian 13 Manfaat Omega 3 Dan Efek Sampingnya Bagi kesehatan. Simak juga: 12 Penyakit Akibat Kekurangan Protein. Makanan sehat apapun harus dikonsumsi dalam jumlah yang proporsional. Tubuh kita memerlukan asupan gizi dan nutrisi dalam jumlah yang seimbang.

Berlangganan artikel terbaru via email (GRATIS):

0 Response to "13 Manfaat Omega 3 Dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel