-->

14 Ramuan Pegagan Untuk Mengobati Penyakit Berat

Pegagan dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi membuatkan penyakit, dengan cara meraciknya bersama materi lain dan meramu dengan cara tertentu. Pada artikel sebelumnya, kita telah bahas mengenai manfaat pegagan bagi kesehatan dan efek samping yang mungkin ditimbulkan oleh tanaman ini.

Di balik sifat manis dan sejuk, daun pegagan memiliki efek farmakologis sebagai antitoxic, anti-infeksi, peluruh air seni, dan penurun panas.

Manfaat lainnya termasuk untuk melancarkan sirkulasi darah, membersihkan darah, penurun panas (antipiretik), mengurangi pendarahan (haemostatik), peluruh kencing (diuretik), meningkatkan daya ingat, dan peningkatan fungsi kognitif.

Pegagan (Centella) memiliki anti-bakteri, anti-inflamasi, hipotensif, antispasma, anti-alergi dan stimulan. Senyawa glikosida triterpenoida yang terdapat di dalamnya memiliki efektifitas sebagai anti lepra. Selengkapnya dapat dibaca pada artikel berjudul: Manfaat Pegagan Dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan.


14 Ramuan Pegagan Untuk Mengobati Penyakit Berat


Ramuan tradisional menggunakan daun pegagan dapat mengatasi wasir, darah tinggi, campak, penyakit lepra dan banyak lagi. Berikut beberapa ramuan alami untuk mengatasi banyak sekali penyakit, yang dapat dibuat dengan antanan:

1. Mengobati Tifus


Sediakan segenggam daun antanan, 5 batang tapak liman, dan ½ genggam daun jintan hitam. Kukus semua materi untuk menerima airnya, kemudian tambahkan 2 sdm madu. Minum dengan teratur setiap hari.

2. Mencegah Epilepsi kambuh

Cara meracik: tumbuk daun antanan kering hingga menjadi bubuk. Ambil 1 sdm debu pegagan dan campur dengan gula merah. Seduh bersama segelas air panas, saring dan minum dengan rutin.

3. Mengatasi Sariawan dan Disentri

Cara membuat ramuan : sediakan 2 genggam daun pegagan segar, sepotong kunyit, 9 butir ketumbar, dan 1 sdt debu rasuk angin. Tumbuk semua bahan, tambahkan air secukupnya kemudian saring. Rebus hingga mendidih selama beberapa menit, minum dikala hirau taacuh setiap hari selama seminggu. Baca juga: 12 Cara Cepat Mengobati Sariawan.

4. Menurunkan Darah tinggi

Rebus daun pegagan sebanyak 20 lembar, ke dalam panci berisi 3 gelas air hingga menyusut ¼ bagian. Minum airnya untuk 3 kali dalam sehari.

5. Mengobati Bisul

Tumbuk daun pegagan segar, tempelkan pada area yang timbul bisul.

6. Mengobati Wasir

Rebus 5 batang dan akar pegagan bersama 2 gelas air selama 7 menit. Minum airnya dikala hirau taacuh dengan rutin.

7. Meredakan Mimisan

Rebus 70 gram daun antanan segar, peras setelah hirau taacuh kemudian minum airnya. Selengkapnya silahkan baca: 8 Cara Alami Menghentikan Mimisan Dengan Cepat.

8. Meredakan Demam

Tumbuk segenggam daun antanan yang masih segar, kemudian tambahkan garam dan sedikit air. Saring dan minum airnya sebelum sarapan. Cara ini juga efektif untuk meningkatkan selera makan.

9. Mata abses dan berwarna merah

Untuk menggunakan daun pegagan sebagai obat tetes mata. Caranya dengan melumatkan daun pegagan segar, peras dan saring. Teteskan airnya pada mata setiap hari sebanyak 3 kali.

10. Mengatasi Asma dan Batuk kering

Untuk mengatasi gangguan pernafasan, tambahkan air bersama dua genggam pegagan segar. Peras setelah menumbuknya, minum setiap hari sebanyak ¼ cangkir selama dua ahad berturut-turut.

11. Menyembuhkan Campak

Dengan minum air rebusan pegagan bisa membantu untuk mengobati penyakit campak. Bukah hanya itu, ekstrak pegagan juga bermanfaat untuk mengobati penyakit liver, influenza, dan keracunan akhir makan jengkol.

12. Mengatasi Sulit kencing

Untuk mengobati anyang-anyangan, haluskan 30 gram pegagan segar. Balurkan pada area di sekitar pusar.

13. Mengobati Sakit Kepala

Rebus segenggam daun antanan dan 19 biji jintan hitam ke dalam 2 gelas air hingga mendidih dan airnya tersisa setengah gelas. Tambahkan madu, dikala hendak minum ramuan ini.

14. Membantu untuk mengobati Lepra

Rebus segenggam daun antanan segar bersama 3 gelas air hingga mendidih selama beberapa menit. Minum airnya, 3 kali dalam sehari hingga sembuh.

Efek farmakologis dan sifat kimiawi pada pegagan

Asiaticoside

Senyawa aktif ini membantu dalam proses regenerasi sel-sel kulit, mendongkrak imunitas tubuh, dan bersifat antibiotik alami.

Triterpenoid

Senyawa ini memiliki kegunaan untuk meningkatkan kemampuan mental, menenangkan saraf, dan melancarkan pedoman darah.

Brahminoside

Senyawa ini dapat memiliki kegunaan untuk menyumbang protein penting untuk sel otak.

Pegagan juga kaya akan vitamin B, betakaroten, vitamin C, dan mineral penting lainnya.

Demikian 14 Ramuan Alami Menggunakan Daun Pegagan untuk mengatasi penyakit berat. Artikel ini merupakan kelanjutan dari goresan pena sebelumnya. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Berlangganan artikel terbaru via email (GRATIS):

0 Response to "14 Ramuan Pegagan Untuk Mengobati Penyakit Berat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel