-->

18 Manfaat Kacapiring Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Kulit

Kacapiring merupakan tanaman yang memiliki bunga indah menyerupai dengan mawar putih. Bahkan, bunga kacapiring menjadi maskot bagi kota Denpasar - Bali. Aromanya yang busuk membuatnya sering dijadikan sebagai materi parfum. Namun, tahukah anda bahwa kacapiring ternyata berkontribusi di dunia kesehatan dan kecantikan. Mulai dari sariawan, sembelit, diabetes, dan lainnya ternyata dapat diobati dengan ramuan bunga kacapiring.

18 Manfaat Kacapiring Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Kulit
Nama lain dari bunga kacapiring yaitu ceplok piring, jempiring, raja putih, dan banyak lagi. Nama ilimiah dari kacapiring yaitu Gardenia Augusta atau Gardenia jasminoides, yang diambil dari kata melati. Mungkin disebabkan bentuk bunganya yang menyerupai dengan melati, padahal kacapiring bukan tergolong ke dalam keluarga Jasminum tapi Rubiaceae.

Tanaman perdu ini mudah untuk tumbuh di sembarang tempat. Warna bunganya putih dengan bentuk kelopak serupa dengan mawar, tapi warnanya akan bermetamorfosis kekuningan ketika tua. Warna daunnya hijau gelap, dengan tangkai daun yang pendek.

Kandungan kacapiring

Bunga beling piring mengandung minyak menguap yang terdiri dari unsur styrolyl dan linalool. Daunnya mengandung minyak atsiri, saponin, poliifenol, dan flavonoida.

Buahnya mengandung tannin, minyak atsiri, krosin, glikosid, geniposid, nonacosane, gardoside, mannitol, gentiobioside, krosetin, gardenosid, klorogenin, genipin, dekstrose, sitosterol, dan gardenin (kloroform berwarna kuning emas). Sedangkan kulit buah kacapiring mengandung asam ursolic.

Buah kacapiring memiliki sifat masbodoh dengan rasa pahit. Buah ini memiliki efek farmakologis menyerupai anti toksik (detoksikan), sedative, antiradang, kolagoga, antiflogistik, anti piretik, antibiotic, diuretik, penyejuk darah, hemostatis, koleretik, anti bakteri, dan peluruh dahak. Ekstrak buah kacapiring memiliki sifat hepatoprotektor, yang bisa mencegah kerusakan pada hati akhir racun.


18 Manfaat Kacapiring Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Kulit


Orang Cina biasanya menambahkan bunga kacapiring ke dalam minuman teh, untuk menguatkan rasa. Buahnya berkhasiat sebagai pewarna makanan, tak ubahnya kunyit. Bunga kacapiring juga bermanfaat untuk mengobati beberapa jenis penyakit dan keluhan, menyerupai di bawah ini:

1. Sariawan

Untuk mengobati luka sariawan, tumbuk daun kacapiring sebanyak 7 lembar. Tambahkan secangkir air, peras dan campur airnya dengan 2 sdm madu murni. Campuran ini dapat digunakan sebagai obat sariawan, untuk dikonsumsi ketika pagi dan malam hari.


2. Kencing manis (Diabetes mellitus)

Untuk menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes, dapat digunakan ramuan yang berbahan daun kacapiring. Rebus 12 lembar daunnya dengan 500 ml air. Biarkan mendidih sehingga tersisa 250 ml saja. Airnya dapat dikonsumsi setiap hari. Baca lainnya: 7 Cara mengobati diabetes secara alami.

3. Sembelit

Penyebab umum gangguan pada jalan masuk cerna yaitu asupan serat yang sangat sedikit, salah satu kesannya yaitu sembelit. Untuk mengatasi problem ini, buatlah ramuan alami. Rebus 3 biji tanaman kacapiring dengan 2 gelas air. Biarkan hingga tersisa sekitar 1 gelas. Segera minum airnya, ulangi setiap hari hingga pencernaan menjadi lancar.

4. Demam

Jangan cemas ketika anak anda mengalami demam, cobalah obat rumahan. Mudah saja, remas-remas 7 lembar daun ceplok piring bersama segelas air matang. Peras dan saring airnya, tambahkan sepotong gula batu. Minum dengan rutin hingga demam turun.


Manfaat Kacapiring Untuk Kecantikan Kulit


5. Jamur kulit

Sifat anti bakterial dalam kacapiring ternyata berkhasiat untuk melawan acara jamur kulit. Untuk mencegah jamur kulit, cukup dengan minum air rebusan buah kacapiring secara teratur. Anda dapat mengkonsumsi ekstrak buahnya, setidaknya 2 kali dalam seminggu.


Manfaat Buah kacapiring yang lain


Beberapa jenis penyakit di bawah ini dapat diobati dengan mengkonsumsi rebusan dari buah beling piring:

  • Disentri.
  • Radang hati (hepatitis).
  • Mastitis.
  • Mata nyeri dan abses (conjungtivitis akut).
  • Sakit kuning (jaundice) yang disertai gejala demam, hilangnya nafsu makan, kencing sakit (disuria), dan air kencing sedikit (oliguria).
  • Emosi tidak stabil (mudah marah).
  • Sulit tidur (insomnia).
  • Tekanan darah tinggi (hipertensi).
  • Sakit gigi.
  • Radang selaput lendir pada kandung kemih (cystitis).
  • Sakit tenggorokan.
  • Perdarahan yang disebabkan oleh darah panas menyerupai hematuria, hematemesis, mimisan, batuk berdarah, dan berak darah.
  • Gigitan ular.

Nah, itulah 18 manfaat kacapiring untuk kesehatan dan kecantikan. Menarik: 11 manfaat bunga ratna untuk kesehatan. Kini, anda punya alasan lain untuk menanam bunga ini selain sebagai tanaman hias.

Berlangganan artikel terbaru via email (GRATIS):

0 Response to "18 Manfaat Kacapiring Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Kulit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel