-->

8 Manfaat Bunga Cempaka Putih Bagi Kecantikan dan Pengobatan

Bunga cempaka memiliki manfaat kesehatan yang cukup signifikan. Bukan hanya sebagai tanaman hias dan komplemen program ijab kabul saja, lebih dari itu ternyata bunga cempaka sangat memiliki kegunaan untuk perawatan kecantikan bagi kaum wanita. Berbagai manfaat dari bunga cempaka atau kantil, berasal dari senyawa aktif dan minyak alami di dalamnya.

Bunga cempaka memiliki warna yang bervariasi untuk setiap jenisnya. Warnanya menyerupai putih, kuning, merah, dan ungu. Nah, bunga yang berwarna putih inilah dalam bahasa jawa disebut kanthil. Bunga kantil biasanya digunakan oleh pengantin wanita untuk menghiasi rambutnya.

Bunga cempaka putih (Michelia alba) umumnya tumbuh liar atau sengaja ditanam untuk menambah keindahan taman. Tanaman ini berasal dari India kemudian tersebar di seluruh Asia hingga Pasifik. Tinggi tanaman dapat mencapai 30 meter, bahkan pohonnya dapat digunakan sebagai materi mebel. Bunga cempaka tergolong ke dalam keluarga Magnoliaceae. Cempaka memiliki sekitar 50 jenis, dengan ciri-ciri yang khas untuk tiap varietas.

Kandungan bunga cempaka putih

Zat aktif yang terdapat pada batang, bunga, dan daun cempaka menyerupai liriodenina dan alkaloid mikelarbina. Zat ini memiliki efek farmakologis sebagai diuretik dan ekspektoran. Baca juga: 17 Makanan yang memiliki sifat diuretik.


8 Manfaat Bunga Cempaka Putih Bagi Kecantikan dan Pengobatan


Nutrisi penting dan minyak atsiri dalam bunga cempaka memiliki kegunaan untuk mengatasi aneka macam dilema kesehatan menyerupai batuk, bronkhitis, radang, prostat, demam, infeksi jalan masuk kemih, keputihan, sinusitis, dan lainnya. Ekstrak bunga ini juga sering digunakan sebagai materi kosmetik untuk perawatan rambut. Berikut ini yaitu manfaat bunga cempaka bagi kesehatan dan kecantikan:

1. Menghilangkan amis badan

Keringat yang bercampur dengan kuman biasanya menimbulkan masalah amis badan. Apalagi bagi anda yang memiliki acara padat di luar ruangan. Untuk mengatasi dilema ini, gunakan bunga kantil. Caranya, rebus segenggam bunga kantil bersama 5 gelas air hingga airnya tersisa 4 gelas saja. Minum segelas airnya selagi hangat, dan sisa digunakan untuk mandi.

2. Mengobati keputihan pada wanita


Keputihan merupakan dilema yang biasanya dialami oleh wanita, sebelum dan sesudah haid. Gangguan ini disebabkan oleh infeksi virus, jamur, bakteri, dan parasit. Keputihan umumnya menimbulkan amis tidak sedap, terutama ketika berkemih. Untuk mengatasi kondisi ini, sediakan 30 gram bunga cempaka putih kering, 15 gram kulit buah delima kering, dan 60 gram daun jali yang sudah direndam dalam air. Semua materi direbus selama beberapa saat, kemudian minum airnya setelah agak dingin.

3. Mengobati Vertigo

Seseorang yang menderita vertigo akan mengalami kehilangan keseimbangan dan penglihatan seolah berputar-putar. Untuk mengatasi gangguan ini, sediakan 7 kuntum bunga kantil kering. Rebus bersama 500 ml air hingga susut separuhnya. Minum airnya setelah menjadi dingin. Ulangi pengobatan alami ini setiap hari hingga sembuh.

4. Mengobati penyakit Sinus

Sinusitis disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, atau jamur pada rongga sinus. Untuk mengatasi penyakit sinusitis, cobalah cara tradisional. Caranya, jemur segenggam bunga cempaka di bawah sinar matahari hingga kelopak bunga menjadi kering. Ambil 30 gram bunga cempaka kering, campur dengan 30 gram daun mint, 15 gram jahe, dan 2 batang bawang putih. Rebus dengan 800 cc air hingga air menyusut setengah dari semula. Saring airnya dan minum di pagi dan malam hari, masing-masing 200 cc.

5. Mengatasi perut kembung (meteorismus)

Perut kembung biasanya disertai dengan sendawa dan kentut yang berlebihan, dan rasa bergejolak di dalam perut karena gas tidak dapat dikeluarkan. Untuk mengobati perut kembung, cobalah cara alami.  Siapkan 5 kuntum bunga cempaka putih, 3 biji kapulaga, 5 gram jahe, dan 5 gram kulit buah jeruk keprok yang dikeringkan. Rebus bersama 700 ml air bersih hingga airnya berkurang setengahnya. Saring dan minum ramuan tradisional ini ketika airnya menjadi hangat.

6. Mengobati pembengkakan kelenjar prostat

Jika anda menderita benjolan pada ketiak atau lipatan tubuh yang lain, obati dengan bunga cempaka. Sediakan daun kantil kering, daun sendok, dan daun kumis kucing, masing-masing 30 gram. Rebus ke dalam 700 ml air hingga airnya menyusut 400 ml. Biarkan selama beberapa menit, minum airnya dengan rutin setiap hari.

7. Mengobati bronkhitis

Jika jalan masuk pernapasan yang mengalami peradangan tidak diobati dengan segera, dapat menyebabkan infeksi jalan masuk pernapasan akut (ISPA). Untuk mencegah penyakit makin parah, cobalah cara alami. Sediakan 15 gram daun cempaka, 5 gram kulit buah jeruk mandarin, dan 15 gram umbi lili. Rebus ketiga materi dengan 500 ml air hingga menyisakan 200 ml saja. Tambahkan sedikit madu, minum airnya selagi hangat.

8. Mengobati batuk berdahak dan batuk rejan

Batuk rejan atau pertusis disebabkan oleh infeksi pada jalan masuk pernafasan. Untuk mengatasi gangguan ini, sediakan 7 kuntum bunga cempaka putih, 10 gram kulit jeruk keprok, dan 10 gram jahe. Rebus semuanya bersama 600 ml air hingga tersisa separuhnya, tambahkan sedikit madu murni. Minum di pagi dan malam hari, masing-masing 150 ml.

Nah, itulah 8 manfaat bunga cempaka putih atau kantil untuk kecantikan dan pengobatan. Simak juga: 6 Manfaat bunga Alamanda untuk pengobatan. Anda dapat menghiasi pagar rumah anda dengan tanaman ini. Selain menebarkan aroma wangi semerbak, tentu lebih mudah untuk menerima manfaat dari bunga ini.

Berlangganan artikel terbaru via email (GRATIS):

0 Response to "8 Manfaat Bunga Cempaka Putih Bagi Kecantikan dan Pengobatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel