-->

Top 16 Makanan Yang Mengandung Vitamin B1 Tinggi

- Makanan yang mengandung tiamin sangat diharapkan oleh tubuh untuk memenuhi kebutuhan vitamin B1 harian. Thiamin merupakan episode dari vitamin B kompleks yang larut dalam air. Vitamin B1 memiliki kegunaan untuk menjaga fungsi saraf, membantu dalam proses metabolisme karbohidrat untuk pembentukan energi, dan menjaga sistem kardiovaskular.

Top 16 Makanan yang Mengandung Vitamin B1 Tinggi
Manfaat lainnya dari vitamin B1 termasuk melancarkan sirkulasi darah, menjaga fungsi sel, dan membantu sistem pencernaan. Kekurangan tiamin dapat menyebabkan penurunan sistem saraf dan peredaran darah.

Defisiensi vitamin B1 juga berisiko beri-beri dan sindrom Wernicke-Korsakoff. Sindrom ini merupakan kelainan neurologis yang ditandai dengan kerusakan saraf sentra dan saraf perifer, sehingga menimbulkan hilangnya daya ingat.

Kebutuhan harian untuk vitamin B1 yaitu sekitar 1,4mg. Asupan vitamin B1 yang memadai harus dipenuhi setiap hari, untuk menjaga seluruh fungsi organ tetap berjalan dengan baik serta mencegah penyakit Korsakoff dan beri-beri.


Top 16 Makanan yang Mengandung Vitamin B1 Tinggi


Untuk memenuhi nilai harian dari thiamin, tubuh kita tidak dapat menghasilkan vitamin ini dengan sendiri. Vitamin B1 dapat diperoleh dari sejumlah makanan alami menyerupai buah, sayur, ikan, dan kacang-kacangan. Berikut ini yaitu makanan yang mengandung tiamin tinggi:

1. Gandum

Dalam secangkir gandum, menyediakan 4,47 mcg tiamin. Nilai yang sangat fantastis untuk jenis makanan alami yang mengandung vitamin B1. Gandum murni sangat cocok bagi vegetarian untuk mencukupi kebutuhan tiamin setiap hari.

2. Ikan tuna


Dengan konsumsi 4 ons ikan tuna, maka telah memenuhi sekitar 38 persen dari kebutuhan vitamin B1 setiap harinya. Dengan begitu, sangat baik untuk mengkonsumsi ikan untuk memenuhi kebutuhan vitamin B1. Sumber vitamin B1 dari jenis ikan juga banyak ditemukan pada salmon.

3. Daging sapi

Sumber vitamin B1 dapat diperoleh dari daging sapi. Anda dengan mudah menerima asupan tiamin dengan mengkonsumsi daging sapi yang dikemas dalam kaleng. Untuk produk kemasan mengandung thiamin sekitar 0,9 mcg. Lebih baik kalau daging sapi dikonsumsi tanpa diawetkan. Daging sapi memiliki rendah lemak, sehingga aman dikonsumsi tanpa takut risiko kegemukan.

4. Sereal

Produk olahan gandum ini mengandung vitamin B1 yang sangat tinggi. Cukup dengan ¼ cangkir sereal dapat menyediakan 0,5 mcg tiamin. Sereal sangat cocok kalau dipadukan dengan daging dan ikan.


Sumber vitamin B1 dari buah-buahan


5. Jeruk manis

Kandungan vitamin B1 terbanyak terdapat dalam buah jeruk manis, yang setara dengan nanas. Sedangkan untuk jeruk nipis, per 100 gram materi menyediakan 0,04 mcg tiamin. Jeruk keprok mengantongi thiamine lebih tinggi, yaitu 0,07 mcg per 100 gram.

6. Nanas

Siapa sangka kalau buah nanas yang memiliki rasa asam manis ini mengandung vitamin B1? Tiap 100 gram buah nanas menyediakan 0,08 mcg vitamin B1. Nilai yang cukup baik sebagai asupan tiamin dari jenis buah.

7. Semangka

Buah semangka mengandung 0,033 mcg tiamin per 100 gram. Meskipun tidak terlalu tinggi, anda dapat menerima sumber vitamin B1 dari semangka dengan mudah. Karena buah ini mudah diperoleh dan harganya pun murah.

8. Buah anggur

Selain gula alami yang ada di dalamnya, buah anggur juga menyediakan 0,05 mcg vitamin B1 per 100 gram bahan. Keunggulan buah anggur yaitu kandungan gula alami yang bisa mencegah hiploglikemia dan kelelahan kronis.


Sumber vitamin B1 dari sayuran


9. Bayam

Sumber vitamin B1 paling mudah didapatkan dari bayam, karena sayur ini banyak tumbuh di aneka macam wilayah. Bayam menyediakan 0,08 mcg thiamin per 100 gram bahan. Salah satu manfaat bayam yang terkenal yaitu sebagai pengontrol tekanan darah. Hal ini disebabkan mineral penting yang ada di dalam sayur ini.

10. Asparagus

Sayur asparagus sering dimakan bersama salad atau daging. Tiap 100 gram asparagus mengandung 0,143 mcg vitamin B1. Asparagus juga dapat dikonsumsi sebagai sup, yang baik untuk menjaga sistem pencernaan. Asparagus yaitu pilihan terbaik bagi vegetarian yang sedang menjalani kegiatan diet untuk menurunkan berat badan.

11. Paprika

Buah yang berbentuk unik dan mengagumkan ini mengandung vitamin B1 sangat tinggi, yaitu 22,0 mcg tiamin per 100 gram buah. Di balik rasa pedas manis dari paprika, ada manfaat kesehatan termasuk meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan mata.

12. Wortel

Betakaroten yang terdapat dalam wortel baik untuk mencegah penyakit mata. Selain itu, wortel juga mengandung vitamin B1 sekitar 0,04 mcg tiap 100 gram bahan.

13. Brokoli

Sayur hijau ini memiliki tekstur crunchy, dengan kepala unik di ujungnya. Dalam 100 gram brokoli menyediakan 10 mcg thiamin.Nilai yang tinggi untuk jenis sayuran yang mengandung vitamin B1. Berbagai mineral dan antioksidan dalam brokoli memiliki kegunaan untuk mencegah aneka macam jenis kanker menyerupai kanker paru-paru, prostat, usus besar dan lainnya.

Sumber tiamin dari kacang-kacangan dan biji-bijian

14. Kacang hijau

Jika anda menyukai bubur kacang hijau, kabar baiknya yaitu makanan ini mengandung tiamin. Dalam 100 gram kacang hijau mengantongi 0,47 mcg vitamin B1. Nutrisi dalam kacang hijau juga memiliki kegunaan untuk membantu dalam proses perembesan protein, serta menjaga fungsi saraf.

15. Biji bunga matahari

Kwaci bunga matahari yaitu cemilan sehat yang kaya akan gizi. Biji bunga matahari mengandung 1,48 mcg thiamine per 100 gram bahannya. Cemilan lainnya yang juga menyediakan vitamin B1 termasuk kacang pinus, pistachio, macadamia, dan lainnya.

16. Kacang polong

Kandungan vitamin B1 dalam kacang polong tidak jauh berbeda dari kacang hijau. Kacang polong menyediakan 0,4 mcg thiamine per 100 gram bahan.

Nah, itulah 16 makanan yang mengandung Vitamin B1 tinggi. Simak juga: 20 Makanan yang mengandung biotin tinggi. Cukupi kebutuhan harian dari vitamin ini untuk mencegah beri-beri, dan menjaga kinerja dan fungsi organ di dalam tubuh kita.

Berlangganan artikel terbaru via email (GRATIS):

0 Response to "Top 16 Makanan Yang Mengandung Vitamin B1 Tinggi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel